Posted by : Unknown Rabu, 13 Maret 2013


AMD secara resmi mengumumkan kehadiran mobile APU terbarunya yaitu Richland untuk platform notebook. APU Richland ini merupakan penerus APU AMD Trinity yang dirilis tahun lalu, dan memberi gebrakan baru dalam dunia graphics card terintegrasi (APU) terutama pada versi desktop-nya. AMD melakukan usaha yang sangat bagus pada Trinity versi desktop, namun sayangnya pada versi mobile/notebook APU ini tidak bisamemberikan performa maksimalnya karena terkendala konsumsi daya yang tinggi, sehingga clock yang digunakan terpaksa harus dipangkas sedemikian rupa agar aspek mobilitasnya tetap terjaga. Oleh karena itu pada APU Richland terbarunya ini, AMD memberikan berbagai improvisasi untuk memperbaiki kinerja APU generasi sebelumnya pada platform mobile/notebook.
Secara arsitektur baik pada CPU maupun GPU didalam APU Richland ini masih sama seperti yang digunakan pada Trinity. APU Richland  ini menggunakan fabrikasi 32nm, masih berbasiskan Piledriver CPU cores, dan begitu juga dengan GPU-nya yang masih sama seperti GPU yang terdapat didalam APU Trinity, walaupun kini AMD menggunakan nama baru HD 8000 series. Lalu apa yang benar-benar membedakan Richland ini dengan Trinity?
APU Richland ini mendapatkan peningkatan clock yang lebih tinggi pada CPU dan GPU didalamnya jika dibandingkan dengan generasi Trinity sebelumnya. Walaupun dengan penggunaan clock yang lebih tinggi ini, AMD mengklaim jika Richland mampu memberikan efisiensi daya hingga 47 persen lebih baik dibandingkan APU generasi sebelumnya. Terdapat empat SKU Richland yang diperkenalkan AMD pada batch-nya yang pertama ini yaitu A10-5750M, A8-5550M, A6-5350M, A4-5150M, dan semuanya memiliki TDP yang sama yaitu 35Watt.
AMD juga menunjukkan kemampuan dari performa Richland ini dibandingkan dengan prosesor mobile dari Intel menggunakan aplikasi 3DMark terbaru pada pengujian Fire Strike DirectX 11, dan AMD mengklaim jika prosesor mereka dengan harga yang lebih murah ini mampu mengalahkan kinerja prosesor lain dengan perbedaan lebih dari 50 persen pada pengujian 3D Benchmark sintetis. Ke empat SKU Richland ini sudah dikirimkan kepada masing-masing partner vendor yang memproduksi notebook berbasiskan AMD, dan dapat dipesan dalam jangka waktu tak lama lagi. Richland akan mengisi pasar notebook hingga akhir tahun 2013 ini, sebelum nantinya akan digantikan dengan APU Kaveri yang menggunakan arsitektur Steamroller, dengan GPU Sea Islands.
sumber

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Today's Joke

Today's Joke
Just A Joke(JAJ)

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

About

Just a Boy Who Tried So Much to Learn English.

SPONSOR

- Copyright © 2013 The Computex -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

X-Steel - Working In Background